Monday 5 September 2016

Gereja ayam dan Bukit Rhema


Gereja Ayam terletak di Bukit Rhema, salah satu dari sekian banyak bukit yang berada di jajaran Pegunungan Menoreh, tepatnya terletak di Dusun Gombong, Desa Kembang Limus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Entah bagaimana awalnya tempat ini bisa ngehits dan laris manis beredar di Media Sosial, bahkan dibuat syuting Film AADC 2 adegan Rangga dan Cinta bernostalgia. Padahal menurut saya pribadi bangunan ini hanya menang besar dan mirip merpati (bukan ayam), selain itu tak ada tanda salip yang membuat terkenal embel-embel "gereja", secara umum tempat ini bisa dikatakan "biasa saja" alias tak ada yang istimewa, tapi tak ada salahnya kita mengunjunginya untuk tau apa sih yang membuat Bangunan ini begitu nge-hits.


View dari Mahkota (pic by ig @dhita79)

Asal-usul Gereja Ayam? :
Seperti namanya yang unik, asal -usul gereja ayam pun juga sangat unik. tak ada sejarah panjang yang membuat kita kagum melainkan berawal dari mimpi seorang nasrani bernama Daniel Alamsjah, pendiri Gereja Ayam ini meluruskan bahwa bangunan tersebut bukan berbentuk ayam, tapi burung merpati! Daniel pun bercerita tentang alasan ia mendirikan Gereja Ayam. Awalnya, Daniel mendapatkan pesan dari Tuhan untuk membangun sebuah rumah ibadah dengan bentuk burung merpati. Karena Daniel beragama Kristen, banyak yang mengira ia membangun sebuah gereja. Ia menegaskan bahwa bangunan itu bukanlah gereja. Tapi, sebuah rumah doa bagi orang-orang yang percaya kepada Tuhan. Tahun 1989 saat melakukan perjalanan Magelang (tempat keluarga istrinya berasal), Daniel memperoleh ilham dari mimpinya. Ia melihat pemandangan indah di perbukitan yang sama persis dengan mimpinya. Ia pun berdoa sepanjang malam di sana dan mendapat wahyu dari Tuhan bahwa ia harus membangun rumah doa di tempat itu. 

Barisan perbukitan menoreh

Candi borobudur dari kejauhan

Apa yang bisa kita nikmati dari Gereja Ayam? :Yang pertama tentu saja kita dapat melihat dari dekat bangunan unik ini dan membuktikan kisah uniknya, selain itu dari atas mahkotanya dengan ketinggian sekitar 200 m kita bisa melihat pemandangan indah khas pegunungan menoreh dan juga apabila beruntung kita bisa melihat megahnya candi borobudur. ada juga lorong bawah tanah yang sebelum ngehits konon katanya sering di gunakan sebagai tempat mesum. selain itu tentu saja dapat berdiri di spot dimana Rangga dan Cinta bermadu kasih dalam film AADC 2.

di sini rangga dan cinta pernah berdiri

ekor si ayam

House of pray (rumah do'a bagi semua agama, tidak hanya nasrani saja)

Bagaimana Cara kita untuk ke Gereja Ayam? :
Untuk ke Gereja ayam sangat mudah, Apabila dari Yogyakarta ambil arah ke Candi Borobudur, kemudian setelah melewati candi borobudur, ambil arah menuju kota Purworejo, dari borobudur sekitar 3 km ada papan petunjuk di kiri jalan ke Bukit Rhema (Ada gambar Gereja Ayam). masuk ke kiri sekitar 3 km sudah sampai kita ke lokasi parkir. dari lokasi parkir kita harus berjalan naik sekitar 500 m , bisa juga menyewa jeep bagi yang tidak mau bercapek-capek ria. untuk masuk ke Gereja ayam dikenakan tarif Rp 10.000 / orang.

Jendela yang unik

penampakan dari depan


SALAM LESTARI




No comments:

Post a Comment