Monday 20 June 2016

Pesona Gunung Kunir ,Spot Sunrise terbaik di Purworejo

Mendengar nama sunrise, pikiran kita akan terbawa pada sebuah keadaan dimana Matahari pagi pertama kali menampakkan keindahan sinarnya dengan berbagai macam gradasi warna yang sangat elok dan memukau mata, membuat jiwa manapun yang menyaksikannya secara langsung akan tertegun dan otomatis merasakan kedamaian yang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata. apalagi ditambah kopi sebagai penghangat udara dingin yang tanpa kita sadari akan menambah motivasi kita dalam menjalani realita hidup yang nampaknya masih abu-abu, walau terkadang juga membawa pikiran kita kembali ke masa-masa lalu penuh keceriaan dan juga kekecewaan, entah tentang fakta hidup maupun kisah asmara (dibaca mantan).

Dan berbicara mengenai sunrise, Kota tercinta dimana tempat saya lahir dan tumbuh ala kadarnya. Purworejo. seperti yang sudah saya tulis sebelumnya walaupun tulisannya masih alay tapi ternyata ramai pengunjung  klik di sini , Purworejo mempunyai sedikit spot bagi penggila sunrise seperti saya. tapi dari sedikit spot yang tersedia dan yang saya ketahui, Gunung kunir tetap menjadi spot sunrise terbaik di wilayah Purworejo dan sekitarnya dan sejauh ini masih menjadi primadona bagi pemburu sunrise, walaupun sejujurnya hanya gunung kunir saja spot sunrise di Purworejo yang baru saya kunjungi :p .

Gunung Kunir terletak di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa tengah. dari kota Purworejo ambil ke arah Magelang, sampai di Perampatan Kaliboto (yang ada kantor pos nya) masuk ke arah kanan (Gapura), lurus sekitar 2 km ambil yang arah kanan ke Desa Kaliwader, dari Kaliwader lurus jalan sekitar 7 km untuk sampai ke Desa Kalitapas (Pertigaan ke arah kiri). lalu naik sekitar 500 m sampai di pertigaan (ambil ke arah kanan jalanan rabat beton) menuju ke Desa Benowo. dari situ perjalanan naik ditempuh sekitar 4 km untuk sampai di perempatan SD Benowo (ambil arah kanan, lurus 200 m ambil ke kiri). dari situ jalan rabat beton sudah sampai titik terakhir yang bisa di lalui motor. itu artinya perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki. dari parkiran motor ambil ke arah kanan naik (bukan kanan turun). Gunung Kunir yang gagah sudah kelihatan dan hanya berjalan tidak sampai 15 menit kita akan sampai di Puncak Gunung Kunir dengan ketinggian sekitar 980 Mdpl.

baca juga :
Keindahan Pagi Gunung Banyak Angkrem
Curug Sedayu (Klenceng Putih)

Seperti di  Gunung Banyak Angkrem waktu terbaik untuk ke Gunung Kunir jelas pada Pagi hari, karena selain sunrise penampakan Gunung-gunung di Jawa tengah hampir kelihatan semua mulai dari Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Lawu, Ungaran, Prau, hingga sang atap Jawa tengah Gunung Slamet. selain itu udara juga masih sangat sejuk dan tentu saja langitnya cerah. tapi saya sendiri tak berani menjamin cerah setiap paginya karena tentu saja cuaca berubah setiap paginya. apabila kita beruntung Golden Sunrise khas Gunung Kunir adalah hadiahnya.

-SALAM LESTARI-

Bawa Turun Kembali SAMPAHMU !!